Luar Biasa…Ruangan Kelas Terbuat Dari Pesawat

Banyak cara untuk membantu para siswa agar bisa lebih menikmati pelajaran. Tapi yang dilakukan Kingsland Primary School (setingkat sekolah dasar, Red) di Stoke-On-Trent, Inggris, ini sepertinya belum pernah dilakukan sekolah manapun di dunia.

Bayangkan, untuk mempermudah imajinasi para siswa tentang berbagai negara yang mereka pelajari dalam pelajaran geografi, sekolah tersebut mendatangkan sebuah pesawat komersial bekas. Bagian dalam pesawat jenis Shot 360 sepanjang 25 meter yang di parkir di taman bermain milik sekolah itu akan diubah menjadi ruang kelas geografi yang mampu menampung 30 siswa.

kelas-dari-pesawat

Tentu saja perlengkapan ala kelas pada umumnya juga ada disana, seperti papan tulis, meja, dan tambahan laptop. Semuanya itu, kata Kepala Sekolah David Lawrence, agar kelas pesawat itu ramah bagi penggunanya.

“Awalnya, kami menginginkan kelas di alam bebas dan mengungkapkannya kepada anak-anak. Merekalah yang kemudian memberikan ide kelas di dalam pesawat. Jadi, kami berpikir bagaimana jika kami mewujudkan keinginan itu”, tutur Lawrence.

“Kami selalu berusaha mencari Partnerships agar sekolah menjadi tempat kreatif bagi pelajar dan guru,” ujar Rachel Billington dari Creative.

Dana tersedia, pesawat pun didapat. Tapi, bukan berarti sudah tak ada lagi kendala menghadang. Problem terbesar adalah bagaimana membawa pesawat sepanjang 25 meter dari hanggar ke halaman sekolah dengan truk. Tak pelak, sejumlah insiden kecil pun terjadi di sepanjang jalan.

Pertama-tama, pesawat menabrak sisi samping sebuah rumah hingga merusak dindingnya. Badan pesawat juga sempat menabrak kamera pengawas. Setelah dua jam berputar-putar mencari posisi yang pas, pesawat menabrak pagar pembatas dan mengenai lampu jalan dekat sekolah.

“Sudah pasti kami tak berharap semua insiden itu terjadi. Segala sesuatu kadang memang tak berjalan sesuai rencana. Tapi, kalau sudah beres semuanya, anak-anak pasti akan luar biasa senang,” kata Lawrence saat turut mengawasi perjalanan pesawat menuju halaman sekolah.

Benar saja, begitu pesawat sudah terparkir dengan baik di tempat yang telah disiapkan, para murid bersorak kegirangan. “Ini sungguh lucu, saya tidak bisa percaya apa yang baru saya lihat,” kata salah seorang siswa, Connor Myatt.

Benar-benar sangat kreatif

Mantap…

==========

Baca Juga Artikel Berikut Ini :

45 Responses

  1. ini luar biasa pak, dan punya ide kreatif ini, dan langsung bisa dkerjakan. hebat kapan di indonesia bisa seperti ini

  2. Itu merupakan salahsatu daya tarik sekolah untuk memikat siswanya,agar betah di sekolah itu.

  3. Kreatif …
    daripada pesawat bekas itu dibuang,,
    dimanfaatkan untuk kelas…
    Luar biasa..

  4. Pertamaaaaaaaxxxxxxxx

  5. Jika dia bisa kenapa kita tidak bisa, mulailah dari yang sederhana mungkin
    salam

  6. euum, serasa terbang x iah mas, he,he demi menunjang kreatifitas dan daya juang anak, perlu diacungi jempol. salam kenal. keep contact

  7. Kalau ide2 kreatif ini bisa dikembangkan di Indonesia, mungkin anak sudah sekolah dengan nyaman tanpa takut ada kebocoran saat hujan turun.mantap bos..

  8. Belajar sambil bermain, itu pasti motonya, ya kan mas.

  9. Ikut tuker link ya, punya anda sudah say add. plis cek

  10. woooooooow.. kelas yang bagus..

  11. heehehehe komeng saya kamana nya

  12. sekitar 6 tahun silam ada sebuah survey bahwa negara-negara eropa dan amerika lemah dalam geografi dan matematika. bahkan lebih dari 70% pelajar sekolah menengah di amerika tidak mengatahui letak negara afghanistan, negara yang sedang mereka invasi.

    peringkat pertama survey tersebut justru dikuasai china.

    teknik ini mungkin terobosan agar pelajar eropa tak buta geografi.

  13. Mungkin juga seperti itu, mas…

  14. Di Indonesia banyak pesawat yang gak kepakai tuh…bisa di buat serupa…kalau gak pesawat ya… kapal/perahu aja seperti Pinisi yg udah di musiumkan…bisa buat ruang kelas tuh

  15. weh kapan kita bisa merasakan kelas seperti itu ya…?😆
    kereeen

  16. He….he…buat kelas untuk blogger…wuakakakaka 😆

  17. berkunjung ke blog sahabat…
    selamat berbuka puasa…

    wah, ini lah hebatnya orang2 barat dalam dunia pendidikan.
    wajar kalau mereka maju. kapan ya bangsa kitaseperti ini ?

  18. keren itu master, klo di indonesia boro2 buat ruangan seolah, badan pesawat bekas pun masih dioperasikan, duch bangsa ini memelas apa gmn ya????

  19. wow..mestinya Indonesia bisa tiru tuh…
    pake lokomotif bekas aja..hehehe
    salam rimba raya lestari

  20. Di Indonesia belum perlu seperti itu, Dengan kondisi sekarang kita harus mengoptimalkan peran fungsi masyarakat dan pemerintah dalam pendidikan, itu yang sering dikatakan bapak2 pejabat.

  21. Kalau sekolahnya ada di Madura, besok-besok pesawatnya udah raib dikiloin😀 ….

  22. Kalau begini biaya pasti mahal Beh…

  23. Uang sekolahnya berapa yah?

  24. kalau ngak salah, dulu di puncak jg ada resto yg pake ex bangkai pesawat, ex bis kota. Di ancol jg pernah ada resto yg pake kapal. Tapi kayaknya dah bangkrut.😦

  25. di jakarta ada juga yang unik tuh, kelas TK pake kerangka mobil bus. mungkin ambil konsep kayak di artikel babesajabu ini🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: