Handphone Menyebabkan Pesawat Jatuh

phonePenggunaan ponsel menyebabkan error pada fungsi navigasi dan komunikasi pesawat terbang. Menyalakan ponsel juga sangat dilarang saat pesawat take off atau akan mendarat. Lalu bagaimana cara aman menggunakan ponsel di pesawat?.

Badan Penerbangan Sipil Inggris Civil Aviation Authority (CAA) melarang keras penggunaan ponsel di pesawat terbang. Penggunaan ponsel itu memberikan dampak besar pada fungsi navigasi dan komunikasi, menghasilkan error signifikan pada instrument display, serta suara berisik pada radio yang digunakan pilot.

Akibat penumpang yang membandel menyalakan ponselnya, pilot sudah lama komplain mendapatkan peringatan salah,. serta sistem pesawat yang tidak berfungsi. Selain itu komunikasi kru pesawat menjadi terganggu.

CAA memberikan petunjuk kecuali dikatakan lain oleh kru pesawat, penumpang tidak diperkenankan mengirim SMS atau menelpon saat kabin pesawat sudah ditutup. Penggunaan ponsel di pesawat hanya diperbolehkan melalui layanan khusus.. Sementara pelanggan yang tidak berlangganan, tidak diperkenankan menggunakan ponselnya di pesawat.

Pengoperasian ponsel di pesawat juga tidak diperkenankan saat take off atau akan mendarat. “Ponsel bisa digunakan saat pesawat sudah dalam ketinggian di atas 5.000 meter, atau kru sudah memberikan tanda,” kata Stein Gudbjorgsrud Director of Regulatory Affaris AeroMobile, perusahaan penyedia layanan ponsel di pesawat.

Ia mengatakan teknologi yang digunakan sangat aman karena mencegah interferensi simyal ponsel dengan alat navigasi pesawat. Saat ini layanan AeroMobile sudah berjalan dua tahun dalam penerbangan yang melayani 60 negara di 4 benua.

Untuk di Indonesia, baru operator Indosat yang sinyalnya bisa ditangkap di atas pesawat terbang. Chief Marketing Officer Indosat Guntur Siboro mengatakan untuk keamanan pesawat terbang, ponsel jangan dinyalakan jika ketinggian kurang dari 5.000 meter.

Karena jika berada di bawah ketinggian itu sinyal base transceiver station (BTS) di darat masih bisa menyusup dalam pesawat. Sinyal BTS yang sangat besar itu bisa menginterferensi navigasi pesawat.

“Kalau masih di bawah jangan menyalakan ponsel, karena ponsel akan mencari sinyal dan akan diperbesar sehingga bisa mengganggu pesawat. Sedangkan perangkat di pesawat memiliki alat yang memaksa ponsel beroperasi dengan rendah power, sehingga tidak mengganggu navigasi,” paparnya.

Layanan selular di pesawat mencakup semua yang bisa didapat di darat. Layanan itu bisa digunakan untuk voice maupun SMS. Sedangkan data dilayani dengan GPRS.. Jadi pengguna BlackBerry tidak perlu khawatir kehilangan sinyal.

Tapi permasalahannya untuk panggilan telepon hanya mampu dilakukan sepuluh panggilan dalam sekali waktu. Sementara SMS dan data tak terbatas. “Bottleneck (hambatannya) bukan pada perangkatnya. Tapi pada satelitnya, karena layanan itu menggunakan jasa satelit,” tambah Guntur.

Untuk memasang perangkat itu AeroMobile harus merogoh kocek hingga US$ 250 ribu untuk tiap pesawat. Tapi AeroMobile juga berniat menjalin kerjasama dengan maskapai dalam negeri untuk menyediakan layanan itu.

“Sebagaimana dengan maskapai regional, kami sudah dalam pembicaraan dengan maskapai domestik.. Masih banyak yang akan tumbuh. Kami juga melakukan pembicaraan dengan flight carrier besar maupun dengan low cost fare,” imbuh Stein.

Menurutnya ada pemicu orang menggunakan pesawat sebagai sarana transportasi. Naiknya trafik dipengaruhi banyaknya program promosi. Selain itu semakin mudahnya orang pergi ke luar negeri menjadikan pengguna pesawat terbang terus menjadi besar.

Artikel Terkait :

15 Responses

  1. hihi.. aku mah jarang naek pesawat

  2. Ya katanya memang berbahaya, tapi denger2 sudah ada pesawat yang mengijinkan bukan ? 🙂

  3. Babe…
    kren nie dengan logo barunya… babe banget🙂

  4. ada HP yang bisa di pakai di Pesawat. Kalo ngak salah sekarang ada pesawat yang dah ngijinin pake HP gitu.
    tapi yang jelas demi keselamatan kita semua, lebih baik ngak dipakai dah di pesawat.

    • Bukan hanya manusia yg bisa melakukan kesalahan (human error), tapi mesin secanggih apapun bisa salah kan??? Tergantung kesadaran manusia nya….

  5. Untung saya nggak punya HP..wakakakak

  6. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku tersayang

    Hahahaha

  7. saya mah ndak pernah naek pesawat, hihihihi

  8. Pokoknya apa yang diperintah pramugari sebelum pesawat berangkat ikuti aja semua, daripada jatu. Ya kannn🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: