Bom Mega Kuningan Diduga Kuat Aksi Teroris

geganaLedakan yang terjadi tanggal 17 Juli 2009 di Mega Kuningan, Jakarta Selatan, dinyatakan berasal dari bahan peledak high explosive. Ledakan ini menimpa Hotel JW. Marriot dan Hotel Ritz Carlton. Pengamat berpendapat aksi pengeboman ini merupakan tindak terorisme yang secara terbuka ingin menantang kewibawaan pemerintah. Pasalnya, Hotel JW Marriott sebelumnya sudah pernah menjadi sasaran pengeboman pada 2003. Selain itu ditemukan juga potongan tubuh manusia yang diduga milik pelaku bom bunuh diri.

Menurut pakar isu keamanan, Andi Wijayanto, target yang merupakan kalangan high profile merupakan salah satu indikasi teroris berada di balik penyerangan. Pola serangan pun jelas. Waktu penyerangan terjadi saat klub sepak bola Manchester United akan datang dan menginap di lokasi yang dibom. Selain itu, kemenangan sementara Susilo Bambang Yudhoyono dalam pemilu presiden baru-baru ini juga termasuk isu yang sensitif terpengaruh serangan ini.

Di lokasi ledakan Bom Marriott II yang terjadi Jumat (17/7) pagi tadi, ditemukan bahan peledak berdaya kekuatan tinggi atau high explosive. Bahan peledak yang berada di lantai 18 Hotel JW Marriott tersebut akan dibawa ke Markas Tim Gegana di Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, untuk diselidiki. Sementara itu, sebelas kantung mayat juga telah dievakuasi. Tujuh di antaranya berisi potongan tubuh dan sisanya jenazah utuh. Sehingga, ada indikasi bahwa ledakan tersebut merupakan bom bunuh diri. Korban luka yang berjumlah 50 orang, telah dievakuasi ke sejumlah rumah sakit di antaranya RS Medistra, RS MMC, dan RS Pusat Pertamina.

Artikel Terkait :

Ledakan Bom Di Hotel Ritz Carlton dan Hotel JW. Marriott

3 Responses

  1. mudah2an cepat reda. jadi bosen denger bom & bom lagi.

  2. Sedih liatnya ya? 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: