Di China, Warga dan Turis Berbaur Saksikan Gerhana

gerhana3Gerhana matahari yang terjadi hari Selasa, 22 Juli 2009, sangat jelas terlihat dari dua negara dengan penduduk terbanyak di dunia, yaitu China dan India.

Dengan demikian, gerhana dengan durasi terlama abad ini pun sekaligus juga menjadi gerhana yang paling banyak disaksikan oleh penduduk Bumi. Seperti yang telah diperkirakan, gerhana matahari total yang memulai perlintasannya di India ini berlangsung selama enam menit 39 detik.

Masyarakat India dan China, yang menjadi ‘tuan rumah’ kedatangan gerhana tersebut beramai-ramai menyaksikan fenomena alam yang langka ini.

Jika di India, warga menyambut gerhana dengan penyucian diri di sungai Gangga, berbeda halnya dengan China. Di Shanghai, China yang menjadi salah satu lokasi terbaik untuk menangkap pemandangan gerhana ini pun tak kalah ramai dengan di India.

gerhana matahari

gerhana1
gerhana2
Masyarakat China tumpah ruah menyaksikan gerhana matahari total. Tak hanya masyarakat setempat, banyak turis asing yang sengaja datang untuk menyambut hari istimewa ini.

“Anda tidak akan bisa berkata-kata untuk menggambarkan kejadian alam ini. Anda akan ketagihan untuk melihat fenomena serupa yang akan terjadi berikutnya. Hal ini membuat Anda menanti-nantikan datangnya hari istimewa tersebut,” kata seorang guru astronomi, Charles Fulco yang jauh hari telah datang ke China.

Sama seperti kepercayaan di India, tradisi China pun menganggap terjadinya gerhana adalah pertanda suatu hal yang buruk.

Dalam cerita masyarakat China kuno, gerhana terjadi karena seekor anjing dari surga memakan matahari. Berdasarkan kepercayaan mereka, pada saat terjadi gerhana orang-orang disarankan untuk membuat keributan untuk menakut-nakuti anjing tersebut agar tidak memakan matahari.

Artikel Terkait :


One Response

  1. Wow…kejadian langka yang menakjubkan ya ? keren Bos…. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: