5 Tips Menghindari Mata Lelah Di Depan Komputer

Beberapa dari kita tentu memiliki kebiasaan untuk bekerja berlama-lama di depan monitor PC, entah untuk bekerja atau melakukan hal lain seperti bermain game dan browsing. Alhasil efek mata lelah dan kepala pening pun tak dapat dihindari.

Walau banyak yang menganggap fakta ini tidak sepenuhnya benar, namun kenyataannya hal ini tetap mempengaruhi kesehatan mata kita. Efeknya terkadang kita sedikit kesulitan untuk memfokuskan objek pandang, dan sebagainya. Hal ini tentunya diakibatkan pancaran radiasi monitor yang terlalu lama saat kita bekerja.

Berikut ini adalah beberapa tips menghindari mata lelah, saat berada di depan monitor:

1. Jaga jarak pandang dari monitor.

Berada terlalu dekat dengan monitor memang sedikit membahayakan bagi mata kita. Seharusnya kita menjaga jarak pandang ke monitor kita dengan baik. Jarak yang disarankan adalah sekitar 20-40 inchi (50-100cm) dari mata.

Jika kita masih kesulitan membaca padahal monitor sudah berada pada jarak 20 inchi, cobalah untuk memperbesar font kita hingga kita merasa nyaman.

2. Singkirkan CRT, Beralih ke LCD

Monitor tabung (CRT) memang memberi efek yang lebih buruk dibanding LCD, selain energi yang dibutuhkan juga lebih besar. Cobalah mengganti monitor CRT kita dengan LCD.

Namun harga monitor LCD memang lebih mahal dibanding CRT. Bagi kita yang masih menyeyangi monitor CRT, ada baiknya kita membeli filter anti-radiasi. ini adalah solusi untuk mengurangi rasa nyeri mata akibat duduk berlama-lama di depan monitor, namun dengan harga yang murah.

3. Atur monitor setting

Beberapa monitor yang ada sekarang banyak menyediakan pre-set display mode, untuk memudahkan pengguna mengganti setting layar mereka. Pre-set setting tersebut memberi level brightnes yang berbeda, untuk menyesuaikan kondisi penggunaan monitor. Adakalanya manfaatkan hal tersebut.

Misal settingan seperti, ‘text’ atau ‘internet’ akan terasa lebih sejuk di mata, saat kita gunakan untuk mengetik ataupun browsing. Setingan ‘game’ atau ‘movie’ akan terlihat lebih terang saat digunakan.

4. Gunakan kacamata anti radiasi

Walau hal ini membutuhkan biaya yang relatif lebih mahal, namun ada baiknya saat memiliki cukup uang kita membeli kacamata anti-radiasi. Selain bisa dibawa kemanapun kita bekerja, kacamata ini tak hanya berguna saat kita bekerja di depan monitor, namuna juga melindungi mata dari cahaya lampu mobil, radiasi TV, dan sebagainya.

Faktanya lapisan anti-radiasi pada kacamata tersebut, sangat berguna bagi mata kita. Karena lapisan tersebut secara otomatis mengurangi efek nyeri di mata akibat radiasi cahaya berlebih.

5. Mengistirahatkan mata sejenak, secara berkala

Cara termudah menghindari mata lelah akibat radiasi monitor adalah mengistirahatkannya secara berkala. Cobalah untuk mengistirahatkan mata sekitar 5 menit tiap jamnya. Kita dapat menggunakan waktu 5 menit tersebut untuk berjalan-jalan, melihat pemandangan, mencuci muka dan sebagainya. Yang penting menjauh dari monitor.

17 Responses

  1. Selamat pagi sahabatku
    Saya datang lagi untuk mengkokoh-kuatkan tali silaturahmi sambil menyerap ilmu yang bermanfaat. Semoga anda hari ini lebih baik dari kemarin.

    Saya juga mengundang sahabat untuk mengikuti acara Jambore on the Blog dengan tali asih yang menarik dan bermanfaat. Silahkan bergabung di http://mbahcholik.info/2010/01/31/jambore-on-the-blog/
    Terima kasih
    Salam hangat dari Surabaya

  2. kalau mata kecapean keluar dulu nyari yang bening-bening

  3. Good Tips, selama ini saya kurang memperhatikan hal ini. Btw kaca anti radiasi kaya gimana ya & kira2 harganya berapa?

  4. hadir mas
    setelah cukup lama tidak main disini sambil menghilangkan kelelahan yang ada dimata dari tadi memandangi layar monitor. ada penyegaran sampai disini.

  5. makasih buat tips nya sob, bermanfaat seklai buat yg sering online2 memelototin layar monitor🙂

  6. tips yang lengkap dan perlu diterapkan tuh mas
    apa lagi saat bw harus diistrirahatkan biar tidak lelah dan cepat rusak

    salam dari pamekasan madura

  7. woow.. mantab nih sob tips dan triknya..🙂

    Salam Kenal.. dan Salam Sahabat..

  8. Salam Takzim
    dengan 5 tips, ini menjadikan mata kita tetap fresh, tetapi kalau sudah diatas 5 jam didepan komputer bukan mata saja yang harus di jaga, perut dan organ lainnya jangan lupa dijaga, cukupkan 1 jam untuk istirahat menghindari PC dihadapan anda
    Salam Takzim Batavusqu

  9. nais info tukeran links yuk!!!

  10. tips yang berharga. menarik untuk dicoba.

  11. Thks infonya,mas.
    Sekalian minta izin tukeran link,saya taruh di link sahabat pada blog saya

  12. saya sebagai praktisi IT mau kasih tambahan untuk point 2 tidak semua LCD bisa menggantikan peran Monitor CRT terutama LCD yang harganya masih murah…. krn kualitas bahan LCD berbeda.. jika saya sebut merek yang terbaik untuk kenyamanan mata adalah merek HP, Samsung dan LG masalah harga masih di atas 1,5jt.

    hampir seluruh LCD sudah pernah saya coba mana yang sedep di mata..mana yang pedes dimata….(bikin nangis)

    jika kita memaksakan menggunakan LCD yang murahan saya jamin mata anda akan menangis kepedasan melihatnya. dari segi warna masih lebih bagus CRT….. tapi daya masih besar…

  13. informasi yang sangat berguna untunk user yang sering ngadepin PC.. ada satu yang ketinggalan.. siapkan kopi di sebelah komputer agar mata jadi seger..

  14. untuk pake layar LCD. hmm

    Bro, link saya kok belum dipasang ya?? Link anda sudah saya puasang.
    saya tunggu ya
    pexone.wordpress.com
    thks

  15. wah kalau saya sih butuh tips gimana biar ga lama-lama di depan komputer dengan segala fitur dan akses internetnya..hehehe😀

  16. tuntutan kerja, membuat aku harus berhadapan komputer terus. thanks ya atas tips2nya

  17. wuah… informasi yang sangat bermanfaat, thks ya friend…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: