Bunyi Beep Terus Menerus

Mungkin anda pernah mengalami bunyi beep panjang berulang-ulang saat komputer pertama kali booting. Hal ini mempunyai arti tersendiri, suara ini dikeluarkan oleh BIOS, dan bertujuan menyatakan keadaan yang saat itu terjadi.

Suara beep panjang dan berlangsung secara terus menerus menandakan adanya masalah pada memory atau RAM.  Hal ini terjadi karena memory tidak dapat di akses untuk penempatan alamat dari lokasi yang dipilih ke jalur alamat. Ada banyak kemungkinan yang menyebabkan memory tidak dapat diakses, yaitu :

  1. Pemasangan memory yang kurang benar.  Sehingga yang perlu dilakukan adalah mengecek kembali pemasangan memory pada slotnya.
  2. Memory yang di gunakan tidak compatible dengan motherboardnya.  Untuk hal ini, silahkan baca kembali buku manual motherboard yang di gunakan.  Setiap motherboard memiliki pasangan memory sendiri-sendiri.  Tidak semua memory bisa digunakan pada setiap motherboard.
  3. Memory mengalami kerusakan.  Coba ganti memory tersebut dengan yang lain, namun tetap memperhatikan kompatibilitas motherboard dengan memory yang di gunakan
About these ads

7 Responses

  1. mungkin ada bisa bantu gue dalam memecahkan masala lektop saya pada saat booting setelah mau masuk windows lektop tersebut bunyi terus menerus sebelum muncul telusan welcome itu kira-kira masa apanya yang bermasaalah? tolong berikan jawabanya secepatnya

  2. Ada beberapa kemungkinan. Saran saya coba memori di ganti dengan memori lain yang sejenis. Jika tidak berhasil, masalah tersebut bisa juga di sebabkan karena harddisk yang bad sector.

    Masalah ini juga pernah saya alami, ternyata kerusakan nya ada pada harddisk.

    Mungkin ini yg bisa saya sarankan, bagi teman2 blogger yg punya solusinya, silahkan tulisakan komentar anda.

  3. Thanks bgt infonya sangat membantu..

  4. Mau tanya PC saya Quadcore 8300 Mb Gigabyte EP4blah…Memory Corsair DDR3 Dual Chanel 2G, VGA XFX Ati Radeon 5770, PSU Speed Power 500W. masalahnya waktu pertama nyalain bunyi beep pendek terus menerus sampai mati sendiri lalu nyala lagi begitu lagi. Kadang uda gitu normal jalan, tapi kemudian 1-2 jam hang dan saya restart lalu bunyi beep terus menerus hingga mati berulang gitu lagi. Apa ada yang bisa membantu???

  5. ada bisa bantu gan,kompi sya sdah di ganti ram baru yg spec nya sma ttp aj bunyi beep slalu ad ,,sdah cba d bersihkan slonya, ttp sja kluar suara beepnya tlong pencerahannya,….krim ke sni…darmujialexandy@ymail.com thx…….

  6. gimana kalo prosessornya om… ngaruh gak…

  7. [...] komputer dinyalakan, langsung terdengar bunyi beep 7 (tujuh) kali. Apa [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: