Jembatan Di Perancis Menembus Awan

Selain Menara Eiffel, Kota Mode Paris, Prancis juga memiliki icon lain yakni Jembatan Tertinggi di Dunia. Karena ketinggiannya, jembatan yang dibangun lebih tinggi dari Menara Eiffel ini, seolah berada di awan. Kalau selama ini kita lebih sering mendengar proyek-proyek pembangunan spektakuler dilakukan di Dubai, maka Prancis pun memiliki jembatan spektakuler ini.

Jembatan Millau ini melintasi sungai Tarn dan lembah-lembah di pegunungan Massif Central. Lihat gambar dibawah ini, tiang-tiang pancang baja dan beton menembus awan – awan di atas Desa Tarn. Pembuatannya sendiri sudah merupakan pemandangan yang luar biasa, apalagi setelah jadi dan dioperasikan pada Desember 2004 lalu, sungguh luar biasa.

jembatan millau 4
Orang berkendaraan melintasi awan-awan yang terbang rendah di pegunungan, atau bahkan menggapainya. Ini sensasi tersendiri. Bayangkan, anda berjalan menembus langit?? Jembatan ini diresmikan ketika Presiden Jacques Chirac berkuasa (sekarang Sarkozy) dalam sebuah upacara yang megah.

Jembatan unik kini bukan hanya jadi sarana transportasi tapi juga ajang wisata. Siapa wisatawan yang tak ingin menjajal berkendaraan bersamaan dengan awan yang berarak di sekelilingnya?

Panjang jembatan ini hanya 2,5 km. Menurut Chirac, pembangun jembatan ini merupakan keajaiban dan menjadi lambang kemajuan teknik sipil Prancis. Jembatan ini juga berfungsi sebagai simbol dari kemoderan Prancis.

Jembatan ini dirancang oleh arsitek Inggris, Norman Foster, dengan tinggi 340 m, lebih tinggi16 meterdari Menara Eiffel. Terbuat dari baja dan beton dan dirancang tahan gempa.

Pembangunannya dimulai sejak 2001 lalu, dan selesai 2004, lebih lambat dari waktu yang dijadwalkan, yakni tiga tahun. Hal ini salah satu sebabnya adalah faktor cuaca, selain memang tingkat kesulitan yang tinggi. Maklumlah, jembatan ini selain luar biasa tinggi juga dibangun di lokasi yang tidak biasa. Struktur tanah yang tak rata, maklum wilayah pegunungan.Digunakan sistem hidrolik untuk menyorong geladak kembatan ke dalam tempat seharusnya. Sistem ini disediakan oleh Enerpac Hydraulic Systems – perusahaan yang juga mengangkat Golden Gate Bridge.

Berikut foto-foto jembatan waktu masa pembuatan tahun 2001-2004.

jembatan millau 1

jembatan millau 2

jembatan millau 3

19 Responses

  1. luar negri bisa menciptakan aneka bangunan yang kadang ga bisa dipikirkan dengan nalar sehat

    salam kenal dari saya
    berita unik

  2. (maaf) izin mengamankan KEDUA dulu. Boleh kan?!
    Jembatan antar awan

  3. RAIHLAH “JATI DIRI MANUSIA”.. untuk
    MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA INDONESIA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

  4. mantep beh bisa melayang layang di awan rasanya

  5. ngebayanginnya seperti naik pesawat, ada awan didekat kita, tapi lebih seru jembatan ini kali ya.
    salam.

  6. kayak doraemon dunk..bisa tidur2an di atas awan..hahaha

    sekalian tu jembatn bisa digunain buat olahraga paralayang dan sejejnisny.hehe

  7. Spektakuler, kata yang paling tepat untuk jembatan ini, wow ga ngebayangin deh, pengen rasanya bisa kesana

  8. Luar biasa…enak banget gan

  9. tekad yang kuat bangsa prancis adalah contoh kemandiriannya tuk membanggun & memperindah negeri dgn proyek spektaculernya jembatan diatas langit mencerminkan bangsa yang maju dengan kemauan yang keras dapat mewujudkan proyek yang tidak masuk akal sehat & logika tapi mereka mampu membuktikan kepada dunia, indonesia jangan malu tuk belajar dari negara lain mari kita buktikan pada dunia bangsa kita mampu tuk membanggun negeri NKRI suatu saat kelak menjadi MERCUSUAR DUNIA.

  10. wih..
    ga perlu naek pesawat untuk ngerasain lewat di atas awan..
    tapi apa ga takut ya klo lewat sana??hehehe

  11. keren..keren..buat juga dunk di indonesia…

  12. Spektakuler!!! Kalau mo ketemu gatot kaca sekarang bisa naek mobil dong….
    Kalau di negri kita, biayanya dari mana??? baru wacana aja pasti udah di demo.

  13. indonesia kpn yaaah,,,
    pnya jmbtn menmbs awan,,??????????

  14. dahsyat !!!! gembluung
    rancangan jembatan saya udah jdi jembatan di sana too..😀😀
    saya terharuu.. wkwkwkwkwkkw😥😀
    PD mode on…😀😀

    sesungguhnya… aku mw ngomong..
    jembataan ituuu kereeeeeeeeeeeeeeennnnnnn bgtttt!!😀

  15. gila, keren gila ne jembatan….
    mau coba ah,,, kumpulin duit dulu buat ke Perancis ne….
    hahahaaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: