Wow, Ada Proses Telur Berkuning Dua ???

telur-ayamKita semua pasti sudah tahu apa itu telur. Ada telur ayam, telur burung, telur bebek, telur cicak, dan banyak lagi. Nah, di dalam telur itu terdapat satu kuning telur yang dikelilingi oleh putih telur. Tapi pernahkan anda mendapati telur yang memiliki dua buah kuning telur? Apakah itu pertanda pembawa sial ? Bagaimana itu bisa terjadi ? Apakah jika telur itu menetas akan menghasilkan dua buah anak ayam yang kembar ?

Semua telur memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai cara untuk berkembang biak. Dari telur yang telah “dibuahi” akan “menetas” seekor binatang penerus induknya. Selain itu telur juga enak untuk dimakan, dan mengandung gizi yang baik. Lalu bagaimana bisa terjadi dalam satu telur terdapat dua buah kuning telur? Sebaiknya kita harus memahami dulu bagaimana sebutir telur dihasilkan pada tubuh seekor ayam.

Di dalam tubuh ayam betina (unggas pada umumnya), terdapat organ perkembangbiakan yang berupa saluran panjang yang dimulai dengan Infundibulum (1), Magnum (2), Isthmus (3), Uterus/shell gland (4), dan Rongga Rahim (5) yang ada telurnya.

telur-ayam-3

Sel telur berupa Folikel (bakal kuning telur) dilepasakan oleh ovarium (organ penghasil telur) dan ditangkap oleh Infundibulum. Di dalam Infundibulum inilah terjadi “pembuahan” oleh sel ayam jantan.

Selanjutnya “bakal telur” tadi menuju saluran Magnum. Di tempat ini folikel akan “dibungkus” oleh albumen atau “putih telur” dan terus berjalan hingga ke Insthmus dan akan mendapat “perlindungan” dari komponen Calsium pada Uterus. Disini sebutir telur telah “tercipta”. Selanjutnya telur akan dikeluarkan dari tubuh ayam, dan jika di “erami” selama 21 hari, akan menetas menjadi anak ayam. Atau jika telur itu tidak “fertil” atau tidak dibuahi oleh ayam jantan, maka “nasibnya” akan menjadi telor mata sapi atau dadar di meja makan anda.

Jadi jika seekor ayam betina kebetulan “melepaskan” folikel kembar dari ovariumnya, maka kedua “kuning telur” tadi akan terbungkus bersama-sama dalam satu “cangkang” telur. Akibatnya terjadilah telur yang memiliki dua buah kuning telur. Biasanya ini terjadi pada ayam betina “muda” yang baru mulai “bertelur”, atau manusia sengaja “merekayasa” peternakan ayam sehingga secara sengaja bisa menghasilkan telur yang “kembar”, yang tentu saja menguntungkan untuk dikonsumsi.

telur-ayam-2

Nah misal kedua kuning telur itu berhasil “dibuahi” oleh ayam jantan, apakah lantas akan menetas dua ekor anak ayam dari satu telur ???. Jawabannya adalah bisa !!! Tapi karena dalam perkembangannya kedua anak ayam itu akan saling “bertengkar” dan bersaing, apalagi di tempat yang “sesak”. Maka biasanya hanya satu anak ayam yang “hidup” atau bahkan kedua-duanya mati.

~ Sudah tidak aneh lagi dengan telur berkuning dua kan? ~

~ Walaupun memang ini adalah peristiwa alam yang unik ~

Baca Juga Artikel Berikut :

29 Responses

  1. wah….kalo beli telur dapet yg kuningnya dua ..untung dong ya
    beli 1 gratis 1…

  2. aku kadang dpt telur yg kuning dua. Mayan, buy 1 get 1 free.🙂

  3. Beh tukeran Link, Link babeh udah ane pasang
    http://harisahmad.wordpress.com/

  4. Saya pernah mendapatkan satu telur dua kuningnya.memang unit tapi tidak ada yang aneh.Karena sudah direbus, saya makan saja…enuakkkkk….

  5. Salam Takjim
    Subhanalloh
    Satu lagi fenomena alam sarat dengan makna terhampar di blog insfiratorku, seakan merobek sukmaku dalam menimba ilmu, Kau suguhkan tanpa keinginan mencari pamrih terima kasih wahai sahabat
    Salam Takjim Batavusqu

  6. cocok buat anak saya ini mas. dia cuma suka makan kuning telur. kalo begini khan banyak yang ia makan, 2 kuning telur, tapi yang dipecah cuma satu. hemat.

  7. wah seru nie babe…
    ini namanya sepiring berdua, satu piring dua kuning telur hehehe

  8. Untuk menyelamatkan keduanya mungkin perlu disapih, salah satu kuning telur diambil dan ditambahi putih telur. lalu ditaruh ditempat yang hangat atau di erami oleh pemilik ayam. Mudah2an bisa menetas. Ha..ha..ha, ngawur dotkom
    Salam hangat dari Surabaya.

  9. woooowwww…kuningnya dua…saya baru tau gan ada yang kayak gini…hehehe
    tapi sayang gak bisa lahir dua-dua nya..
    salam rimba raya lestari..

  10. wah, belum pernah ketemu tuh yg kuning telurnya ada 2, kalau ada, kan asik juga, gratis 1 ………:D😀😀
    Salam.

  11. klo dikmpung saia, emang khusus mas peternakan ayam petelur dgn kuningnya dua, gede2 telurnya.

  12. Subhanallah, ada ada saja. Tp sy blm pernah nemu tuh.

  13. sejujurnya sy belum pernah nemu… Andai kata Babeh mau ngasih… sy sih mau2 aja… wuakakakkkkkkkkkkkkk

  14. benar sekali friend, bahkan saya sebagai agen distributor telor kuning 2 kalo ada yang berminta bisa kirim via e mail “ir.wansyah10@yahoo.co.id” garansi kalo kuning tidak dua GRATIS,
    0813 794 199 26,

  15. tapi kenapa rasanya ngak enak ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: