Cara Memasukkan Video ke Halaman Artikel Website/Blog

Video sharing site seperti YouTube, Vimeo ataupun Yahoo! video memiliki fitur dimana user dapat memasukkan (meng-embed) video ke halaman website atau blog. Akhir-akhir ini saya mendapat pertanyaan dari banyak teman bagaimana caranya.

Saya akan mengambil contoh dari YouTube, untuk video lain atau jika anda menyimpan video tersebut di server sendiri, caranya tidak jauh berbeda dan konsepnya sama.

1. Pertama-tama silahkan menuju website YouTube dan pilih video yang anda inginkan. Klik link nya dan anda akan diantar ke halaman video tersebut dari halaman muka YouTube.

2. Di frame sebelah kanan layar video, ada tulisan EMBED, copy code-nya yang terlihat seperti dibawah ini:

codeyoutube

3. Di dashboard WordPress anda, klik WRITE NEW POST, pilih mode HTML di Post Editor anda dan Paste code tersebut. Hasilnya, video anda sudah siap tetapi masih berada di kiri wilayah artikel.

4. Agar video tersebut tepat berada di tengah (untuk WordPress) simpan code ini sebelum code dari objek video:

<p style=”text-align: center;”></p>

dan code ini setelah code objek video:

</p>

5. Standar ukuran video YouTube adalah 425px untuk lebar dan 344 px untuk tinggi. Untuk mengubah ukuran video tersebut, klik VISUAL mode di Post Editor anda. Klik di objek video nya, dan drag hingga ukurannya mencapai ukuran yang anda inginkan. Jangan lupa perhatikan lebar wilayah post anda agar video tidak keluar wilayah.

Hasil video berukuran 500 X 406 px dan berada ditengah-tengah artikel akan terlihat seperti ini:

11 Responses

  1. bes,,gmn carax ngasih gambar format gif k dlm blog agar berjalan sempurna

  2. Sepengetahuan saya, caranya sama aja seperti memasukkan format jpg/jpeg. Jika format gif tersebut berupa animasi, otomatis animasi akan berjalan normal dalam blog.
    Salam…

  3. hmmthanks bro atas infonya ,btw kalo misal ambil di yahoovideo gt letak embednya dimana ya bro?

  4. makasih ya kak atas informasinya.
    aku akan belajar lebih dalam, karna aku baru mulai bkin blog.
    lw mO ada iklannya gmana?
    lz ke e-mail aku ya..!

  5. keren, makasih gan

  6. pak.. bagi artikelnya yagh

  7. kalo cara memasukan video ke website buatan sendiri rumusnya gmana yaw?

  8. Infonya mantep
    salam dari
    http://www.gunung-air.com ( alat Rumah Tangga)

  9. menjual berbagai jenis burung kicauan

  10. makasih yach kak atas materinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: