5 Fakta Tentang Friday The 13th

friday-the-13thAngka 13 diyakini sebagian orang adalah angka sial. Sedangkan di Indonesia, malam Jumat adalah malam yang keramat. Kalau digabungkan, hari Jumat yang bertepatan dengan angka 13 adalah hari sial bagi orang Barat. Tahun 2009 ini ada tiga tanggal 13 yang bertepatan dengan hari Jumat alias Friday The 13th. Fenomena ini hanya terjadi 11 tahun sekali. Apakah ini berarti tahun 2009 adalah tahun sial? Berikut ada lima fakta terpopuler mengenai Friday the 13th:

1. Orang yang takut pada Friday The 13th dalam dunia sains disebut sebagai paraskavedekatriaphobia. Sedangkan mereka yang takut pada angka 13 disebut friggatriskaidekaphobia.

2. Banyak rumah sakit yang sengaja tidak menyediakan kamar nomor 13. bangunan bertingkat juga menghapus tingkat ke-13, sejumlah bandara pun meniadakan gerbang ke-13.

3. Presiden Franklin D Roosevelt tidak pernah bepergiian pada tanggal 13, tak pernah menjamu 13 orang tamu. Napoleon dan presiden Herbert Hoover juga menderita triskaidekaphobic.

4. Mark Twain pernah menjadi tamu ke-13 dalam suatu jamuan makan malam.Seorang teman memperingatkannya untuk tidak hadir. Benar saja, ternyata makanan yang tersedia hanya cukup untuk 12 tamu.

5. Angka 13 dianggap ganjil, sebab banyak perhitungan yang melambangkan bahwa angka 12 adalah yang sudah lengkap. Ada 12 bulan dalam setahun, 12 zodiak, 12 emas dalam Olimpiade, 12 muris Yesus, 12 sebagai hitungan lusinan.

Diterjemahkan secara bebas dari Livescience.com.

Sumber : http://netsains.com/2009/03/5-fakta-tentang-friday-the-13th/

One Response

  1. […] 5 Fakta Tentang Friday The 13th […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: