Bau Mulut…??? No Way…!!!

bau_mulutBagi masyarakat modern sekarang ini, berbicara untuk saling bertukar pikiran sangatlah penting. Setiap orang mengharapkan bau mulutnya sendiri segar, untuk memberikan kesan baik bagi lawan bicaranya. Sebenarnya, jika ditinjau dari segi medis, masalah bau mulut tidak dapat dikatakan penyakit yang sepele, juga tidak dapat diselesaikan hanya dengan mengandalkan permen karet saja. Asal mula timbulnya bau mulut sangat mungkin berkaitan dengan saluran lambung dan usus, masalah Telinga Hidung Tenggorokan (THT), rongga mulut, saluran pernafasan, dan banyak lagi jenis penyakit lainnya. Para ahli menjelaskan, bahwa bau mulut dapat disebabkan oleh banyak penyakit, yang harus diperiksa dengan jelas terlebih dahulu akar penyebabnya, sehingga barulah dapat diatasi dengan memberikan obat sesuai dengan gejala yang timbul.

Rongga Mulut Tidak Bersih Penyebab Bau Mulut

mulut-bauBau mulut dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu bau mulut biasa dan bau mulut akut. Bau mulut biasa umumnya disebabkan karena rongga mulut kurang bersih atau disebabkan oleh kebiasaan hidup yang kurang baik. Sebagai contoh, jika dalam jangka waktu lama tidak memperhatikan pemeliharaan dan kebersihan rongga mulut, akan menyebabkan timbulnya karang gigi, penumpukan kotoran pada permukaan gigi, yang kemudian komplikasinya akan menyebabkan terjadinya peradangan pada gusi, sehingga gusi berdarah sewaktu makan, hal ini juga dapat menyebabkan masalah bau mulut.

Rongga Hidung Terinfeksi Juga Penyebab Bau Mulut

Umumnya anak kecil memiliki rasa ingin tahu yang amat besar, sehingga mereka sering memasukkan mainan kecil, kacang atau biji kedelai ke dalam rongga hidungnya, yang akhirnya memicu timbulnya pembusukan dan infeksi. Anak yang menderita sakit ini, acap kali rongga mulut atau rongga hidungnya berbau busuk. Orang tua yang mengalami bau busuk pada hidung dan mulutnya umumnya juga disebabkan oleh atrofi radang hidung, yang kemudian memicu rasa kering pada hidung dan saluran nafas hidung, hidung buntu, hidung mengeluarkan darah, di dalam hidung terdapat banyak lendir kental, gangguan penciuman, mengeluarkan nafas yang berbau busuk dan lain-lain. Di samping itu, pembengkakan pada hidung, tenggorokan dan mulut, yang meradang menjadi nanah, juga dapat menimbulkan bau mulut yang dapat tercium oleh kita sendiri maupun oleh orang – orang di sekitar kita.

Tanda Bahaya Yang Disampaikan Oleh Bau Mulut

Bau mulut kadang kala juga merupakan suatu bentuk manifestasi dari beberapa penyakit dalam yang sangat serius sehingga tidak boleh diremehkan. Misalkan seperti ketika fungsi ginjal mengalami gangguan, racun di dalam tubuh akan menumpuk, sehingga penderita akan menghembuskan semacam hawa yang berbau seperti apel masam, ini merupakan suatu sinyal bahaya.

Penderita abses paru – paru sering disertai dengan mulut yang berbau asam busuk, penderita seperti ini seringkali disertai demam, riak kental kekuningan, dan biasanya harus difoto sinar X di bagian dada-nya untuk memastikan penyakitnya. Di samping itu, muntah darah karena TBC, muntah darah yang disebabkan akibat pelebaran cabang tenggorokan, juga sering menyebabkan bau seperti darah busuk pada mulut penderitanya, penderita kanker paru – paru stadium akhir sering kali mengalami bau busuk pada mulut dan nafasnya.

Untuk mencegah bau mulut, hendaknya kita harus memperhatikan kebersihan rongga mulut setiap harinya, dan membersihkan gigi secara rutin. Dan untuk mengatasi masalah bau mulut yang rumit, setelah melakukan diagnosa harus dilakukan pengobatan yang terarah.

Rajin Merawat Gigi

Jadi apa yang harus dilakukan seandainya kita sudah mendapat konfirmasi dari orang lain, bahwa memang mulut kita berbau? Sebelum ke ahli yang lain, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter gigi, demikian anjuran Prof. Mel Rosenberg, Ph.D. dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Tel Aviv, dalam Bad Breath, yang dimuat dalam homepage British Dental Association di Internet. Bila tidak menemukan masalah pada gigi dan mulut, saatnya kita berkonsultasi ke dokter spesialis THT. Bila belum juga ditemukan masalahnya, barulah ke dokter ahli penyakit dalam karena dikhawatirkan bau mulut itu merupakan bagian dari kelainan organ dalam tubuh.

Ketika akan berkonsultasi ke dokter gigi, jangan gunakan obat kumur, obat pengharum mulut, merokok, mengunyah permen, makan, dan minum. Usahakan bau yang nanti dihadapi oleh dokter gigi, memang bau yang tipikal kita idap, sehingga pelacakan sumber baunya dapat dilakukan dengan benar. Pada orang dengan gigi dan gusi yang sehat, bau itu biasanya berasal dari bagian terbelakang lidah. Dokter gigi dapat melakukan pengecekan dengan mengusapkan sendok plastik ke daerah ini. Kalau benar di situ sumbernya, akan dianjurkan untuk membersihkannya dengan sikat gigi atau alat khusus pengerok lidah.

Dokter gigi mungkin akan membandingkan bau udara dari mulut dan hidung penderita untuk menentukan sumber bau, dengan cara menutup salah satu dan membaui yang lain. Namun, tidak semua dokter memandang ini cara yang efektif. Dr. Manan, misalnya, meragukannya, karena rongga mulut dan hidung berhubungan, baunya pun akan tercampur.

Kadangkala bau mulut disebabkan oleh gusi yang tidak sehat, terutama bila mengusap bagian antara gigi dan gusi menimbulkan bau tak sedap. Maka, periksakan gigi ke dokter gigi secara teratur.

Tips lainnya adalah sebagai berikut :

  • Bersihkan sela-sela gigi dengan dental floss, pilih yang netral tanpa pengharum. Cek baunya.  Bersihkan lagi kalau berbau.
  • Gosok gigi dan bersihkan gusi secara teratur.
  • Banyak minum.
  • Kunyah permen karet bebas gula selama 1 – 2 menit, terutama bila mulut terasa kering. Bisa juga kunyah daun peterselli, bunga cengkih, atau biji adas.
  • Berkumur dan gosok gigi setelah makan atau minum produk susu, ikan, dan daging.
  • Malam hari, rendam gigi palsu dalam cairan antiseptik, kecuali bila dokter gigi melarang.
  • Tanyakan kepada dokter gigi, obat kumur mana yang secara klinis telah terbukti efektivitasnya dalam melawan bau mulut. Paling baik menggunakannya di saat menjelang tidur malam.
  • Makan lalap sayuran segar yang berserat.
  • Tidak merokok karena mempertinggi risiko timbulnya bau mulut.

Dari segi pencernaan pun dianjurkan agar banyak makan yang berserat, sayuran dan buah untuk memperlancar buang air serta memperbaiki lapisan dalam saluran pencernaan. Selain itu, olahraga secara teratur akan membuat gerak usus terpelihara konstan. Dengan bagusnya gerakan usus, proses dari makan sampai buang air besar akan berjalan normal. Maka, pada orang yang berolahraga secara teratur, jarang timbul problem konstipasi alias sembelit. Maka anda jangan sekali-sekali meremehkan masalah bau mulut, karena dapat mengganggu kehidupan anda.


10 Responses

  1. Detil banget, bisa buat referensiku ni..

  2. saya punya masalah dengan bau mulut yang sangat busuk, sehingga semua orang disekitar saya menutup hidungnya. apa ada forum atw alamat e-mail dokter yang bisa di ajak konnsultasi via internet??

  3. artikelnya bagus….apalagi skrg sy punya masalah dg bau mulut. anak saya baru 5 1/2 tahun mulutnya ato nafasnya bau tdk sedap padahal dia rajin gosok gigi malah di antara teman2nya termsk gigi yg bagus. seandainya mau periksa apa harus melalui dokter gigi dulu? sebelum ke dokter anak?

    • Ubat gigi yang biasa digunakan mempunyai banyak bahan kimia yang tidak dapat membasmi kuman walhal hanya menambah bahan racun didalam badan. Ubat gigi serbuk DENTALMAX dapat membasmi 90% penyakit dgn membunuh bakteria. Punca masalah mulut berbau dan badan berbau dapat dicegah dengan aplikasi yang pertama. Jika berminat dan ingin tahu dengan lebih lanjut. Hubungi saya melalui emai syira@serimelmax.com

  4. mulut saya bau banget, saya ngerasa bau nya berasal dari langit rahang yang berdekatan dengan rongga hidung….

  5. It’s a Niiiiceee Info, Berguna banget buat temen aku yang suka di panggil Jigong, Thx atas Infonya ya om!😀

  6. […] on Osama Bin Laden Tewas di …R-Library on Pohon Aneh Di IndiaR-Library on Bau Mulut…??? No Wa…Sarmin,S.Pd,M.Si on Osama Bin Laden Tewas di …tata on Sejarah Kota […]

  7. […] on Osama Bin Laden Tewas di …R-Library on Pohon Aneh Di IndiaR-Library on Bau Mulut…??? No Wa…Sarmin,S.Pd,M.Si on Osama Bin Laden Tewas di …tata on Sejarah Kota […]

  8. saya mempunyai masalah dengan bau mulut…sy sdh cb dg membersihkan karang gigi,tapi tetep saja,akhirnya setiap saya akan beraktifitas,permen karet yg selalu sy kunyah…gmn cara mengatasinya……….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: