Processor Cepat Panas

heatsinkProcessor yang cepat panas kemungkinan besar disebabkan oleh kurang maksimalnya kinerja HSF (Heat Sink Fan) yang menempel pada processor. Misalnya, proses pendinginan yang dilakukan oleh HSF tersebut tidak mampu mengimbangi panas yang dikeluarkan oleh processor. Dengan demikian, panas yang dikeluarkan oleh Processor tidak terbendung lagi. Hal ini ini yang menyebabkan processor cepat panas dan dapat mempengaruhi pada kecepatan processor atau dapat menyebabkan komputer tidak bekerja dengan baik, atau sering disebut dengan istilah hang.

Untuk mengatasinya, coba periksa apakah kipas atau fan thermal-pastebekerja dengan baik. Apabila ternyata fan Anda tidak berputar secara normal, berarti yang perlu Anda lakukan adalah mengganti fan lama dengan yang baru. Namun jika putaran kipas masih bagus, anda dapat mengoleskan thermal paste secukupnya pada punggung processor (thermal paste dapat dibeli di toko-toko komputer). Hal ini bertujuan untuk membantu kontak antara processor dengan heatsink. Dengan demikian, suhu pada processor akan lebih terjaga.

About these ads

5 Responses

  1. Tapi bgm mas kalau semuanya bagus, dlm arti fan normal, pasta jg cukup/banyak. Tapi suhu processor cepat sekali naik & terus-menerus naik?

    • akan saya bantu menjawab, mungkin ada arus yang bocor dari power supplay yang mengalir ke mainboard dan menyebabkan overheat, solusinya coba di uji dengan psu yang lain, jika masih panas bisa jadi ada komponen mainboard yang tidak normal. coba anda uji pada mainboard lain, jika masih mengalami overheat kemungkinan besar prossesor anda sudah tidak layak pakai. semoga membantu

  2. 1. Harga Thermal Paste biasanya berapa ???
    2. Selain CPU cepat panas , kenapa Graphic SIS onboard nya juga ikut-ikutan cepat panas ???
    3. tolong kirim jawabannya ke E-mile saya ….

    Ditnggu jawabannya ….
    thx…

  3. thank,s mas,msh mau brbgi dng yg lemah.

  4. thermal paste bs jg di gantikan dg pasta gigi (odol)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: