Tugu Pancoran Punya Misteri

Seperti di lihat di gambar kita akan membahas patung PANCORAN… pasti semua bertanya tanya mengenai arah tangan dari patung pancoran. hal seperti ini juga terjadi pada diri saya yang selalu bertanya tanya mengapa arah tangan patung pancoran mengacung ke arah utara???
mengapa tidak ke arah timur. atau selatan?? mengapa pula tidak mengarah ke istana???

Hal inilah yang akan saya coba jawab dalam thread ini…
patung yang biasa di sebut patung pancoran ini sebenarnya bernama asli patung dirgantara. karena letak nya yang berada di daerah pancoran, patung ini biasa di sebut patung pancoran. patung ini memiliki tinggi 11 meter dan terbuat dari 11 ton perunggu serta memiliki landasan berbentuk lengkungan dari beton setinggi 27 meter. Dirancang oleh Edhi Sunarso, dibuat oleh seniman Keluarga Arca dari Yogyakarta, dan diawasi langsung oleh Presiden Soekarno sendiri, patung ini selesai dibangun dalam dua tahun (1964-1965).

Ada gosip yang mengatakan bahwa Presiden Soekarno harus menjual mobilnya untuk membiayai pembuatan patung ini. Sayangnya sekarang monumen ini tertutupi oleh jalan layang dan jalan tol, dapat Anda lihat fotonya di galeri.

Inilah potret pancoran tempoe doloe…

Arah tangan patung pancoran…!!!

Beberapa cerita tentang misteri acungan tangan patung pancoran terus mengalir selama beberapa dekade. beberapa orang menceritakan bahwa patung ini menhadap ke sebuah pelabuhan sunda kelapa yang merupakan jantung peradaban bangsa indonesia selama di jajah belanda. ada juga yang mengatakan bahwa patung ini mengarah ke sebuah lokasi harta karun peninggalan Ir. Soekarno yang konon bisa melunasi hutang negara indonesia.

Sumber : http://eksplorasi-dunia.blogspot.com/2009/05/tugu-pancoran-punya-misteri.html

Related Post :

About these ads

18 Responses

  1. Jakarta tempo doeloe, gak bedannya degan kotaku saat ini :)

  2. Wah…klu arah harta karus boleh ditelusuri nih :D
    Posting yang keren Bozz…. :)

  3. Yang benar patung ini mengarah ke PELABUHAN UDARA KEMAYORAN, Kenapa? lihat sejarah Dirgantara Indonesia Yang Di Cita-citakan Ir.Soekarno…………..

  4. kali ajach tangan ntu patung ngarah ke kiblat shalat… eh,,,, becanda, bacanda…………..
    peace…..

  5. Dulu Jakarta kaya gitu ya, sepi amat, desaku yang sekarang aja lebih rame dari itu….. inilah percepatan globalisasi kawan

  6. kata eyang buyut saya waktu saya masih kecil emang gitu boss….. kata eyang buyutku: “Patung kae pasangane karo watu gedhe, yo jaman semono kae karepe karno (presiden soekarno) patung kuwi kanggo ndhudhuhake panggonan kang kanggo nyimpen kumpulaning ROJOBRONO nuswantoro” artinya: patung itu punya pasangan batu besar yang oleh bung karno sebagai petunjuk penyimpanan harta karun yang dikumpulkan kerajaan2 nusantara untuk biaya pembangunan negara pada masa itu. jadi coba ditelusuri kira2ada nggak batu besar yang searah dengan arah lemparan patung tersebut. dengan kata lain seandainya patung itu melempar batu maka jatuhnya batu itu menunjukkan letak harta karun soekarno (??????) tidak ada salahnya ditelusuri kan???? siapa tahu kita bisa bebas dari kemiskinan.

  7. wah ad harta karun’a bung soekarno >>?????

  8. apa lah tu…..ambal ketehe

  9. ikutan dong cari harta karunya…..????

  10. ooo begitu ceritanya… apa iya???bisa ga kalau yg ditunjuk itu daerah yang harus dijaga???ah cuma pepesan kosong aja niyyy hehehe

  11. wah menarik gan.
    Klo bener ke Harta Karun Soekarno.

  12. Yg bener yg mana nie

  13. Yg bener yg mana c

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: