Ikan Monster (Snakehead)

snakeheadKita mengenal Hiu dan Piranha sebagai predator air paling ganas. Namun kelihatannya reputasi mereka mendapat saingan berat dari seorang pendatang baru. Seekor ikan liar yang lebih mematikan dibanding piranha dan telah membunuh orang baru-baru ini ditangkap di pantai Inggris untuk pertama kalinya.

The Giant Snakehead – disebut demikian karena tubuhnya yang panjang dan giginya yang menakutkan tertangkap oleh seorang pemancing di Lincolnshire, Inggris. Giant Snakehead adalah salah satu spesies dari bermacam-macam jenis ikan Snakehead.

Ikan ini diberi julukan “gangster” nya dunia ikan. Ia memakan apapun yang terlihat olehnya dan bahkan dilaporkan telah membunuh manusia. Monster ini yang diduga berasal dari Asia Tenggara juga dapat merayap di daratan dan bertahan hidup tanpa air hingga 4 hari. Walaupun baru ditemukan, ikan ini telah memiliki reputasi sebagai predator yang menakutkan di beberapa bagian dunia. Di Amerika Serikat, ikan ini dijuluki “Franken Fish” karena kelihatan seperti makhluk yang keluar dari film horor.

Ikan ini pertama kali ditangkap oleh Andy Alder dari Lincoln. Tanpa sengaja ia menangkap ikan sepanjang 60 cm ini ketika ia sedang memancing di sungai Witham dekat Hykeham utara, Inggris. Dia berkata,”Ikan itu memiliki mulut penuh dengan gigi setajam silet. Sejujurnya, saya takut setengah mati.”

Setelah ditemukan, ikan ini bukan saja membuat panik para pemancing saja namun juga para aktivis konservasi alam. Sebuah organisasi lingkungan hidup berkata bahwa apabila spesies ini berkembang biak, maka ia dapat memusnahkan makhluk lain di dalam air dan mereka beranggapan bahwa ini adalah sebuah bencana besar. Ben Weir, seorang wartawan dari majalah memancing berkata,”Selama hidupku bekerja di bidang pemancingan, aku belum pernah mendengar banyak suara kekuatiran seperti sekarang. Ikan ini nyata dan mereka tidak segan-segan menyerang manusia untuk melindungi anak-anak mereka.”

Para ahli telah meneliti foto-foto ikan ini dan mengkonfirmasi bahwa ikan ini adalah predator sejati. Sekarang, ikan ini telah masuk dalam daftar hitam spesies yang dilarang untuk di ekspor oleh Inggris. Ada kekuatiran bahwa ikan ini dapat diselundupkan untuk hewan piaraan akuarium dan kemudian dilepaskan secara ilegal. Salah satu pemancing terkemuka didunia, Jean Francois Helias dari majalah Angling Adventures Thailand berkata bahwa ikan ini yang bernama latin Channa Micropeltes adalah ikan terjahat dari semua spesies Snakehead. “Giant Snakehead tidak mengenal rasa takut”, katanya.

Ikan yang sama juga telah menimbulkan kekacauan ketika mereka masuk ke perairan Amerika Serikat tahun 2002. Para penembak jitu disiapkan di pinggir sungai untuk menembaki mereka. Pada waktu itu, air sungai dipenuhi oleh darah untuk memancing mereka keluar.

Untuk diketahui, Snakehead dewasa dapat mencapai panjang 90 cm dan berat 20 kilogram, Dan tebak, darimana persisnya ikan ini berasal ???  Ya, Indonesia. Kita mengenal jenis snakehead dengan sebutan IKAN GABUS. Giant Snakehead adalah salah satu variannya.

snakehead1aaa

freshwater giant snakeheadaaa

giant_snakeheadaaa

henryv_snakehead_052507

About these ads

43 Responses

  1. gede amat tu ika gabus

  2. pasti daging nya udah alot…wakakakak…

  3. mungkin dari suatu spesies…… dan karena proses genetika,,, ntu ikan jadi gedeee amath,,,

  4. Waduh, gede amat, jd takut aq..

    Kabur…

  5. mengerikan yah klo pas musim banjir di jakarta………bisa di cakot…..

  6. Wah kalau jadi ikan gabus asin enak juga tuh, bisa buat berapa kepala keluarga ? haa,,ha..ha

  7. Snakehead (Ikan gabus) ga bakalan segede itu.. itu namanya ikan toman (giant snakehead).. kalau ikan warnanya ga terlalu hitam dan lorengnya ga sekontras itu.. ditempat ane banyak kok yang mancing toman..

  8. makkk,,, ngeriii kaleee

  9. wah…tu ikanya yg makan manusia,bukan kita yang makan ikan…..takut kaburrrrrrrrr

  10. lol really guys!? non of y`all speek english? lol
    okay whatever! That fish is huge

  11. Wahhh…..
    kalo tempat saya ikan ini namanya ikan TOMAN…
    Anakannya segedek lengan aja masih di momong ma induknya tu….
    Emang sih kalo lg jaga anak sang induk sangat AGRESIF…
    banyak terdapat di perairan yg masih fresh, rawa2, sungai besar dll…

  12. wihhh….biar segimana galak n gedenya…kalo dah nyampe dapur…gw bikin pecak tuk ikan wakwakwakwak….

  13. DI tempatku itu namanya IKAN iwak……. biasa aja kali……

  14. jaman kakek buyut sudah lama nih ikan, berasal dari Kalsel, HSS. orang kalsel menyebutnya ikan Tauman. ikan ini jika besarnya masih seperti pergelangan tangan orang dewasa masih ikut induknya. induknya menyerang dengan cara menumbuk mahluk yang berada diatas, jika keselamatan anaknya terancam, mmg berbahaya jika sesorang berenang disungai atau didanau.

  15. gak heran…………..!,
    dasar bule aja yang penakut sama ikan.
    Dikalimantan ikan ini justru dipelihara kawan! namanya ikan toman.
    dan memang benar ikan ini sangat agresif dan hati2 bagi orang jelek dia lebih sensitif.

  16. Tu namanya ikan toman,, biasa aja kalee,, di bawah rumah ku banyak ikan kaya geto.. Gk apa2 kok.. Cuma lg agresif pas lagi jaga anaknya doang kok.. Tp kok bs gede banget ya.. Wa.. Enalnya tu ikan di panggang aja tuk 1 keluarga..

  17. waahh,…. :D
    guede kali…. yang mancing puas bgt tuuh… :D

  18. di di riau namanya toman

  19. : ntu mah gabus t0man.. Ukuran segitu msh kecil banget x.. W prnh mncing dpt 18kg. Tp syg,, skrg ikan ntu dh hmpir punah akibat pmbukaan lahan yg mrjalela..

  20. kl di indonesia khususnya di palembang it namanya ikan TOMAN, ikan it di makan setiap hari banya jualanya,,memeng ikan it ganas kl kt berendan dalam air dia sering nabrak dada makanya orng bisa tewas seketikan,,,ikan it memang ganas di banding ikan lele,patin,dan gabus…

  21. ini yang g cari2…udah susah yang segede ini mah,,,ada juga ukuran 1-3kg….mantapppffff

  22. widih ngeri banget dah.ada ga ya yang namanya pucung snakehead fish?

  23. ikan ini memang predator paling ganas di banding piranha. ikan ini banyak terdapat di perairan sungai kalimantan yang kemungkinan jenis spesies ikan gabus.

  24. lebai ni bule,,,ma nyokap gw yg ada dipucung tu gabus..xixixixi

  25. itu ikan banyak dikalimantan, namax ikan tauman dan persis kaya ikan bakut sodaranya ikan gabus.. Masa itu aja dipermasalahin sampe membawa pakar2 apa itu gak jelas..

  26. hahahah rasain itu made in indonesia

  27. gede bgt…ngeriiiii!!!!!

  28. Tempat saya bongol ngaran nya amun dapat iwak neto di buang baek di banam
    wkwkwkajung

  29. ini namanya ikan toman.. dulu banyak di air tergenang kalu habis hujan di medan, dekat rumah aku. sekarang sudah langka broo..

  30. sapa bilang bule penakut? terhadap hiu, buaya dan hewan2 ganas lainnya aja mereka lbh berani dari kita, ketakutan mereka sebenarnya masalah keselamatan ekosistim, dan ikan toman bila berada di amerika pertumbuhannya serta perilakunya lain dengan yg hidup di negara kita

  31. untuk setiap dapet ikan ini nggak aku realese……..hahahahahahaha

  32. Lebay,ikan toman twuch.

  33. Di kalimantan banyak,malahan di kembang biak’an dan jadi santapan sedap…

  34. Di kalimantan banyak,malahan di kembang biak’an dan jadi santapan sedap…tu nama nya ikan toman…

  35. Sangar banged tuh ikan gabus, sudah bermu tasi ikan gabusnya

  36. wah ikan enak gurih gitu kok.. di kalimantan ikan toman sekilonya 25rb..

  37. 우와~~ 대박!! 대박!! (ㅇͺㅇ)

  38. ikan tomang kaya gitu dijual ga di jakarta ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 25 other followers

%d bloggers like this: